Begini Cara Mendapatkan Vaksin Covid

Pendaftaran bagi perusahaan yang ingin ikut serta dalam program Vaksinasi Gotong Royong ini dibuka selambat-lambatnya hingga 10 Februari 2021. Istri Gubernur Bali itu mengatakan PKK sebagai mitra pemerintah dalam menyukseskan program pemerintah, sepakat untuk lebih mengintesifkan kegiatan sosialisasi terhadap program vaksinasi massal yang dicanangkan Pemprov Bali. JAKARTA – Pemerintah sedang mempersiapkan diri untuk program vaksinasi Covid-19 termasuk yang lewat jalur mandiri. Untuk mempersiapkannya Kementerian BUMN menunjuk PT Bio Farma dan PT Telkom Indonesia. Pemerintah menerima masukan dari masyarakat tentang biaya vaksin COVID-19 dan memutuskan bahwa vaksin COVID-19 akan diberikan free of charge dan tanpa syarat. Menanggapi usulan vaksin mandiri, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pemerintah saat ini masih fokus memberikan vaksin secara free of charge.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

Proses berikutnya adalah in form consent, yakni ketika seseorang dinyatakan layak menerima vaksin, maka dua jam sebelum proses penyuntikan, pemerintah akan mengirim notifikasi. Direktur Digital Healthcare PT Bio Farma Soleh Udin Al Ayubi mengatakan, vaksin mandiri bisa diakses melalui berbagai saluran seperti aplikasi, web, dan stroll in . Ia menekankan, untuk daerah dengan penerapan teknologi yang sudah masif dapat menggunakan aplikasi dan web. Pemerintah secara resmi memberi izin pelaksanaan vaksin secara mandiri dengan melibatkan pihak swasta dalam skema Vaksin Gotong Royong.

Setelah tahap tersebut dilewati, pada tahap akhir terdapat verifikasi dan pengambilan keputusan lanjutan. Pada tahapan ini, masyarakat yang berhasil disuntik vaksin akan terus dipantau berdasarkan hasil vaksinasi di awal. Nantinya pemerintah akan melakukan semacam survei atau pemantauan di tempat penyuntikan. Soleh mengatakan, penerima vaksin dalam kondisi baik, akan diterbitkan sertifikat yang akan disebar ke berbagai instansi, misalnya ke kereta api. Scan barcode tersebut harus dibawa oleh orang yang akan menerima vaksin ke tempat penyuntikan. Lalu “silakan scan dan masuk ruang tunggu. Setelah itu akan disuntik,” papar Soleh.

Mulai dari tenaga kesehatan, tokoh agama, tenaga pendidik, hingga lansia di atas 50 tahun telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 tersebut. Mengingat pentingnya program vaksinasi, pemerintah berharap masyarakat mendukung dan berpartisipasi aktif mengikuti setiap tahapan pelaksanaannya. Karyawan/karyawati, keluarga, dan individu lain terkait dalam keluarga bisa diikutsertakan dalam progran vaksinasi mandiri ini. “Yang penting, masing-masing badan usaha, sektor usaha dan koperasi memahami, mengerti bahwa prioritas kita hari ini vaksinasi agar bisa keluar dari masalah,” kata dia.

Sisanya, sebanyak one hundred fifty juta dosis ditargetkan dapat segera tersertifikasi dalam dua bulan ke depan. “Kami tinggal menerapkan saja, apakah memang ditugaskan nanti vaksin mandiri bisa berjalan atau tidak, tapi dengan catatan-catatan tadi yang sudah disampaikan. Kami siap melaksanakan,” ucapnya. Tidak hanya menjalankan protokol kesehatan serta menghindari kerumunan, salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi corona adalah vaksinasi. Presiden RI, Joko Widodo, menjadi penerima vaksin pertama yang berasal dari Sinovac. Walaupun sudah menerima vaksinasi, Anda harus tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Juru Bicara Bio Farma, Bambang Heriyanto membenarkan bahwa sudah beredar di masyarakat beberapa iklan atau promo tentang layanan vaksinasi Covid-19. Iklan-iklan tersebut beredar di Media Sosial dengan mengatasnamakan beberapa fasilitas kesehatan menawarkan Pre-Order vaksinasi jalur mandiri. BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi mulai memetakan tata cara warganya yang akan menerima vaksin Covid-19 secara gratis dari pemerintah pusat. Sebab, Kota Bekasi mempunyai jatah vaksin sebanyak 480 ribu untuk warganya.

Bisnis.com, JAKARTA –Kamar Dagang dan Industri Indonesia akan kembali membuka pendaftaran keikutsertaan perusahaan swasta dalam program vaksinasi gotong royong yang akhirnya mendapat lampu hijau dari pemerintah. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di fasilitas kesehatan non pemerintah, agar tidak mengganggu program vaksinasi dari pemerintah. Vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi gotong royong ini adalah vaksin Sinopharm dan CanSino. Sedangkan untuk vaksinasi mandiri hanya bisa dilakukan di Fasyankes milik masyarakat/swasta yang memenuhi syarat. Dan fasyankes untuk vaksinasi gotong royong bukanlah tempat pelayanan vaksinasi program seperti yang sudah diatur pada Pasal 22 Ayat 2.

“Tapi kami masih negosiasi untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau bagi perusahaan,” ujar Honesti. Terkait harga vaksin yang dijual ke perusahaan, Honesti Basyir selaku Direktur Utama PT Bio Farma mengatakan bahwa PT Bio Farma masih melakukan negosiasi dengan produsen vaksin agar mendapatkan harga terendah. Sembari menunggu giliran untuk mendapatkan suntikan vaksin sebaiknya kita tetap waspada dalam menjaga kesehatan dan selalu memenuhi protokol kesehatan yang ada. Kurangi interaksi langsung dengan orang lain di tempat umum dan selalu #stayathome jika tidak ada kebutuhan yang mendesak. Jumlah vaksin Covid-19 yang didistribusikan harus sesuai dengan kebutuhan vaksin Covid-19 badan hukum/badan usaha.

Syarat kedua, kata Laura, merek vaksin mandiri tidak boleh sama dengan merek vaksin yang digunakan untuk masyarakat. “Untuk saat ini, keterlibatan swasta dalam program vaksinasi dibutuhkan, namun bukan dalam rangka untuk mendapatkan prioritas. Pihak swasta bisa membantu pendanaan hingga pengiriman logistik, dll melalui program CSR mereka untuk mempercepat program vaksinasi secara merata dan adil, “kata Asfinawati, Ketua YLBHI.

Ia menegaskan, Kadin memiliki goal vaksin mandiri dengan jangkauan hingga 20 juta penerima. Menurut Rosan, jika harga vaksin mandiri setara dengan tes antigen, maka lebih baik memilih vaksin. Indonesibaik.id – Vaksin Gotong Royong adalah program vaksin COVID-19 free of charge yang diberikan perusahaan untuk karyawan dan keluarga. Vaksinasi Gotong Royong adalah vaksin yang dibeli oleh Perusahaan/Badan Hukum/Badan Usaha yang diberikan secara free of charge untuk karyawan dan keluarganya. Saat ini vaksinasi program masih untuk lansia berusia 60 tahun keatas atau yang memiliki kelahiran diatas tahun 1961.