Mengapa Vaksin Covid

“Ini memberatkan kami. Mohon ditinjau lagi harganya karena ekonomi juga tengah merosot dampak pandemi,” ujar Idham. Kementerian Kesehatan Singapura juga menegaskan bahwa Sinovac bukan bagian dari program vaksinasi nasional dan oleh karena itu tidak akan tercakup dalam Program Bantuan Keuangan Cedera Vaksin untuk vaksinasi Covid-19. Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir memastikan, Bio Farma mampu memproduksi vaksin Covid-19 sebanyak 250 juta dosis di akhir tahun 2020. Bambang Heriyanto, Juru Bicara Vaksinasi Bio Farma mengatakan, saat ini pihaknya tengah menjajaki pengadaan vaksin dengan Sinopharm dan Moderna. Hal ini menyikapi beredarnya iklan atau promo mengenai Pre-Order Vaksinasi COVID-19 jalur mandiri yang beredar di sosial media, dari beberapa fasilitas kesehatan di Bandung.

Dia menjelaskan perusahaan yang bergerak di hulu memutuskan mendaftar program vaksinasi gotong royong karena industri ini bersifat padat modal, padat karya, dan perlu bekerja 24 jam non cease. Sejumlah asosiasi perusahaan swasta yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia selaku inisiator program mengatakan siap membayar harga vaksin gotong royong hingga Rp1 juta per orang. Menurut Budi, jika Bio Farma dan produsen vaksin sudah sepakat dengan harga yang diajukan, maka pemerintah akan menetapkan besaran harga batas atas dan bawah vaksin mandiri tersebut. “Kalau sudah diajukan kami akan melihat dan menentukan harganya berapa,” kata dia. Shinta mengatakan Kadin juga sudah menjalin kerja sama dengan fasilitas kesehatan swasta untuk pelaksanaan vaksinasi lantaran tidak diperkenankan menggunakan fasilitas kesehatan milik pemerintah. “Kami juga sudah siapkan fasilitas kesehatan swasta yang siap untuk program ini,” kata dia.

Namun, vaksin dari perusahaan Sinovac, China, tersebut belum bisa digunakan lantaran menunggu persetujuan Health Sciences Authority . Follow Akun Resmi Media Sosial Badan Perlindungan Konsumen Nasional, apabila kamu ingin mengetahui kegiatan BPKN dan informasi terkait dengan perlindungan konsumen. Vaksin akan dilakukan ketika vaksin sudah tersedia oleh Biofarma dan mengirimkan vaksin ke fasyankes yang ditunjuk perusahaan. Vaksinasi gotong royong telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19.

“Nanti Kementerian Kesehatan akan menerbitkan Permenkes terkait harga vaksin gotong-royong,” ujar Airlangga dalam konferensi pers daring, Senin, three Mei 2021. Pendistribusian vaksin Gotong Royong oleh Bio Farma ke fasilitas kesehatan, tutur dia, bisa bekerjasama dengan pihak ketiga. Bisnis.com, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi dari PT Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan masih melakukan pendampingan dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan atau BPKP untuk menghitung harga vaksin Gotong Royong.

Daerah yang 96 persen lautan itu memang hanya mengandalkan transportasi laut untuk bepergian. Dia opitimistis pihak Kimia Farma akan mempertimbangkan permintaan mereka. Ia mencontohkan harga yang diterapkan di sejumlah stasiun kereta api yang ditetapkan sebesar Rp 20 ribu, kendati belakangan kembali naik menjadi Rp 30 ribu. “Dalam waktu dekat, mudah-mudahan ada respons baik dari Kimia Farma,” ujarnya. Setelah itu tiket QR code akan dibagikan Bersama dengan video bagaimana cara kerja vaksin.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengatakan biaya vaksinasi akan senilai Rp1 juta per orang karena masing-masing membutuhkan 2 dosis. Vaksinasi mandiri akan berjalan berbarengan dengan vaksinasi dari pemerintah untuk mempercepat pencapaian kekebalan komunal atau herd immunity. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut, harga vaksinasi yang dipatok pemerintah lebih murah jika dibandingkan dengan harga yang ditetapkan negara lain di dunia. Bahkan, Indonesia menduduki urutan kedua negara dengan tarif vaksinasi termurah di dunia. Informasi itu menyebutkan bahwa vaksin Sinovac mandiri seharga Rp600 ribu.

Tapi kami masih menunggu bagaimana aturan dari pemerintah saja,” katanya seperti dilansir tempo.co, Jumat (12/2). “Prioritas berbasis zonasi. Juga berbasis kepada perusahaan yang sudah daftarkan diri ke Kadin. Dan tentunya pada jenis industrinya, diutamakan yang padat karya,” ujar Airlangga di kantor presiden, Senin (3/5). Lanjutkan baca artikel ini dan artikel lainnya dengan daftar akun Kompas.id. Bamsoet bilang, dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 270 juta jiwa, maka 210 juta penduduk lainnya harus mengeluarkan biaya sendiri untuk vaksinasi Corona. Untuk yang mandiri, diharapkan tidak membebani masyarakat dan mudah didapat.

Moderna menargetkan memberikan hingga 3 miliar dosis pada tahun 2022, naik dari 800 juta menjadi 1 miliar dosis tahun ini, kata Reuters. “Total, sudah dua ribu lebih warga Kabupaten TTS menerima vaksin Covid 19. Sekarang, kami sementara lakukan vaksinasi untuk lansia dan para guru,” bebernya. TANJUNG PINANG — Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sudah dua kali menyurati Kimia Farma agar menurunkan harga tes Covid-19 Genose yang dinilai terlalu memberatkan masyarakat setempat.

Harga vaksin mandiri

Selain itu, vaksinasi gotong royong juga tetap mempertimbangkan zonasi risiko penularan Covid-19 per daerah. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan Roeslani sebelumnya menyebut vaksin Sinopharm untuk program vaksinasi gotong-royong atau vaksinasi mandiri rencananya disuntikkan mulai 9 Mei mendatang. “9 Mei tentatif. Harga menunggu dari Bio Farma tapi informasinya Rp1 juta untuk 2x suntik,” ujar Rosan lewat pesan singkat, Ahad, 2 Mei 2021. Mengakhiri pro kontra tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin, menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Aturan itu merevisi Permenkes RI Nomor 84 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 atau corona.